WEBSITE HEADER 2-01.png
CONTACT US
  • PK Entertainment

Wanna Know Way to Start Planning an Online Event? Here You Go!

Online Event Menurut Peter Harjani

Dengan adanya global pandemic, mau gak mau kita mengalami ‘house arrest’ karena takut terkena virus corona saat keluar rumah. Tapi, staying at home jadi terasa lebih ringan karena ada teknologi dan internet yang memberikan news update, entertainment, hingga memberikan substitute untuk keseharian kita. Dari online meeting conference, online classes, catch-up video call sessions sama teman, sampai virtual events. Karena situasi dan kondisi saat ini, online event jadi focus baru dari event planning.


So, inilah 5 hal yang penting diingat saat planning online event menurut Peter Harjani, founder & CEO dari PK Entertainment!


1. Concept!

Dengan banyak acara online yang diadakan akhir-akhir ini, event planners harus mencari cara agar event yang diadakan stand out dan mampu menarik perhatian audience yang tepat. Apalagi sekarang sudah banyak event online yang bisa diakses oleh audience dengan mudah, we can no longer depend only on good packaging and guest stars.

Hosting online event memberikan event planners kebebasan untuk memilih format acara dari webinar, trade show, workshop, hingga exhibition. Persiapkan concept format menarik yang cocok untuk event yang akan diadakan, dan jika ada budget kamu bisa mempersiapkan visual dan audio assets yang bisa dimunculkan saat acara berlangsung.

Keep in mind kalau kamu ingin membuat event yang stand out dari event lain yang sudah ada di market.

2. Seberapa accessible online event kamu?

Percaya gak percaya, audience yang biasa tertarik untuk ikut on-site event bisa tidak tertarik untuk ikut online version dari acara yang sama. Bisa jadi audience yang ada saat on-site event ternyata kurang tech savvy, atau not a big fan of online events. Makanya, memilih platform yang tepat itu crucial.

Cari tahu platform apa yang cocok untuk event yang kamu adakan dan dapat diakses dengan mudah oleh audience yang diinginkan. Apakah melalui YouTube stream, Google Meet, atau Instagram Live.

3. Promotions and marketing

Marketing yang efisien dan efektif itu crucial saat melakukan promosi berbagai event, terutama online event. Gunakan mix-platform dari berbagai marketing channel untuk exposure yang lebih tinggi, dari Instagram, blog post, YouTube, e-mail blast hingga TikTok.

Buat promotion plan dan marketing strategy yang menguntungkan untuk event kamu, dari jadwal posting marketing materials, penggunaan hashtags, hingga replying comments. Make sure kamu menjual Unique Selling Point dari eventnya, bisa expert speaker, skill sharing, atau mungkin kesempatan networking.

4. Choosing the right speakers, content and topics.

Saat membuat online event, tentunya kita harus menentukan siapa yang akan jadi the ‘main star’ of the event dan topic apa yang akan dibicarakan. Make sure kalau topic yang dipilih bisa menarik banyak perhatian dan ‘star’ kamu adalah orang yang relevant dalam topic tersebut.

Ketika sudah punya topic dan speaker dengan step adalah menyusun content yang akan disajikan. Go through the rundown, dan point out sessions mana yang tepat untuk melakukan interaction dengan audience, mana yang tepat untuk ice breaking dan session apa yang cocok dijadikan promotion material untuk event lainnya.

Peter Harjani, founder dan CEO dari PK Entertainment shared beberapa hal yang perlu kamu note, yaitu

  1. Bagaimana content kamu relatable to the current moment?

  2. Bagaimana kamu menyusun event yang berbeda dari online events lainnya?

  3. Jangan lupa untuk melakukan engagement dengan audience. Tambahkan interactivity, open Q&A session, atau adakan quiz dan trivia yang fun.

5. Be innovative and adaptive.

Menurut Peter Harjani, saat ini kita tinggal di dunia yang selalu berubah-ubah. Mulai dari perubahan besar seperti pandemic covid-19 hingga perubahan kecil yang bisa terjadi tiap hari seperti platform baru untuk mengadakan event. Jadi, untuk keep up dengan perubahan yang terjadi, we need to be innovative and adaptive.

Makanya, be creative terhadap type & format dari online events yang akan kamu adakan. Who knows, event kamu bisa menjadi the game changer untuk online events!

Virtual events adalah cara yang fun dan efektif untuk bisa menjangkau banyak orang regardless of their location. Dengan adanya perkembangan teknologi dan meningkatnya internet speed kamu juga bisa mengadakan online event yang bagus dengan menggunakan strategic thinking, proper planning, dan marketing strategy yang tepat.


Memang online events tidak akan terasa sama dengan on-site events, tapi kita harus bisa terus beradaptasi dengan keadaan saat ini dan make the best of all technology untuk mewujudkan goals dan plan yang kita miliki. So, are you ready to plan your next online event?

6 views0 comments