WEBSITE HEADER 2-01.png
CONTACT US
  • PK Entertainment

4 Kartini Muda di Tahun 2021, Siapa Sajakah?


Menjadi sosok perempuan tidak hanya dilihat dari kecantikan dari luar saja. Inner beauty pun perlu dicentang dalam checklist yang diikuti dengan kepribadian anggun namun tetap berani, hidden talents yang menciptakan momentum untuk selalu berkarya dan kecerdasan dalam intelektual maupun emosional. Hingga saat ini, salah satu toko yang dikenal sebagai perempuan yang melakukan impact bagi perempuan Indonesia adalah R.A Kartini.


Perempuan zaman dahulu tidak mendapatkan hak yang sama seperti laki-laki dimana tugas perempuan kebanyakan menjadi ibu rumah tangga dan bergantung hidupnya kepada laki-laki. Sulit untuk mendapatkan kebebasan seperti kaum laki-laki dimana mereka bisa bekerja dan mendapatkan pendidikan tinggi. This is what women were struggling with, apalagi dengan tradisi pingit dimana perempuan didiamkan dalam rumahnya hingga menunggu laki-laki yang akan meminangnya.


Seringkali, Kartini menulis surat kepada penpal-nya di Belanda dimana dia tidak setuju dengan tradisi pingit dan perempuan pun layak untuk mendapatkan pendidikan yang sama seperti laki-laki. Kumpulan surat ini pun dijadikan buku ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’. Pada akhirnya, R.A Kartini dengan pemikiran progresif pada zamannya berjuang bagi perempuan untuk mendapatkan hak yang sama untuk pergi ke sekolah dan mendapatkan pendidikan tinggi.


Tanpa kehadirannya, women would not have a voice in this country. Perempuan dapat belajar untuk menjadi lebih independent dan mendapatkan spotlight dalam banyak bidang seperti di politik, sosial, kesenian, ekonomi, bisnis dan lain-lain. Tidak hanya menjadi ibu rumah tangga saja, banyak perempuan yang telah menjadi politikus maupun CEO dalam sebuah startup. Sparking a better change for the future, namun masih banyak suara perempuan yang masih terbengkalai.


Old traditions still never die dimana budaya patriarki masih sangat visible bagi kaum perempuan. Masih ada stigma yang beristilah ‘jadi perempuan itu harusnya di rumah aja mengurus suami dan anak’ atau ‘jangan terlalu independent atau terlalu pinter, nanti cari suami akan sulit’. Ironis ketika Kartini memperjuangkannya pada zaman yang sangat konvensional, namun stigma ini masih melekat di budaya Indonesia.


Still, masih banyak sosok perempuan yang menjadi inspirasi kita semua untuk tetap memperjuangkan passion-nya. So, who are these Kartini women of 2021?


Renatta Moeloek

Sebagai juri di Masterchef Indonesia, Renatta Moeloek menjadi salah satu sosok perempuan yang selalu meraih bintang sesuai dengan passion dalam memasak. Lulus dari sekolah masak Le Cordon Bleu Culinary Arts di Perancis, Chef Renatta terkenal sebagai wanita yang tegas, menjunjung tinggi selera dan nilai sendiri dan tidak pernah takut untuk menyuarakan pendapatnya. Ketika menjadi juri di Masterchef, dia selalu memberikan kritik yang membantu para kontestan untuk tetap menjadi yang terbaik tanpa kata basa-basi.


Chelsea Islan

Tidak hanya bertalenta dalam bermain sebuah peran, Chelsea Islan pun menjadi salah satu SDG Mover untuk UNDP dan founder komunitas Youth Of Indonesia (YOI). Having interests in social welfare and climate change, aktris tanah air ini menyuarakan dan mengajak kawula muda untuk lebih banyak tokoh inspiratif bagi perempuan yang ingin mencapai cita-citanya.


NIKI

Salah satu dari sekian banyak musisi wanita lokal yang membawa kebanggaan bagi bangsa kita adalah Nicole Zefanya yang telah go international dengan suaranya yang menenangkan dan lagu-lagunya yang asik. Biasa akrab dikenal sebagai NIKI, dia telah meraih ‘Artis Baru Terbaik 2018’ dari e-magazine pop culture Complex. Melalui karya music NIKI, dia menjadi salah satu representatif generasi pemusik Asia.


Ian Hugen

Menjadi transpuan di Indonesia memang tidak pernah mudah untuk, namun Ian Hugen telah menginspirasi untuk kita semua untuk stay true to your own identity. Sebagai konten kreator id berbagai macam platform media sosial, dia selalu menyuarakan hati melalui tulisan-tulisan penuh dengan makna dalam self-love dan berproses untuk menerima diri sendiri. Perempuan inspiratif seperti Ian Hugen menunjukkan kami untuk selalu know our own worth.


Dengan penuh semangat, perempuan bisa meraih mimpi setinggi langit. Terkadang, it’s not just about the outer presence that defines a woman. Remember to always know your worth and keep that fire burning through your passion.


Selamat Hari Kartini Indonesia!








5 views0 comments