WEBSITE HEADER 2-01.png
CONTACT US
  • PK Entertainment

3 Skill Wajib Untuk Jadi Top Event Planner



Dari product launching, press conference, hingga wedding, hampir semua public event butuh event organiser. Kerja di dunia event memang sangat rewarding; bisa mendapatkan exclusive items dari client, kenal dengan selebriti, tapi juga sangat stressful dan melelahkan di waktu yang sama. Kalau kalian merasa hyper-organised dan hard-working, berkarir sebagai event planner merupakan pilihan yang tepat.


Sebelum terjun ke dunia event, let’s find out 3 skill wajib yang kamu butuhkan untuk jadi event planner yang kece!

1. Multitasking

Bagi seorang event planner, skill multitasking bukan pilihan tapi kewajiban! Apalagi jika kamu ingin membuat acara yang unforgettable dan mendapat positive exposure di social media. Mulai dari ngurusin ticket sales, promotion, sponsorship acquisition, budgeting, logistic, sampai kelancaran event saat hari-H. Belum lagi kalau kamu punya beberapa event yang harus dipersiapkan secara bersamaan.

Kalau kamu cukup beruntung, kamu akan memiliki tim yang bisa bekerja sama dan mampu membagi tugas dengan baik untuk mempersiapkan segala kebutuhan event. Trust us, kamu gak mau burnout saat jadwal event sedang padat-padatnya!

2. Creativity

Sebelum membuat plan untuk event, client pastinya akan melakukan konsultasi mengenai konsep acara lebih dulu dengan kita. Jadi, siap-siap memutar otak untuk memberikan ide-ide yang kreatif dan out of the box saat pitching.

Kreativitas itu bukan bawaan dari lahir, lho! It is a skill that you can improve and build overtime. Makanya, sering-sering cari inspirasi dari Pinterest, Instagram, TikTok, hingga LinkedIn. Perhatikan juga trend-trend yang sedang hype seperti Pantone Color of The Year hingga rundown dan décor dari event-event internasional.

But remember, ide kamu harus dapat direalisasikan agar klien gak merasa kecewa.

3. Well-Organised

A well-executed event is never an accident — Event yang keren merupakan hasil dari berbagai detail-detail kecil yang disusun dengan cermat untuk memberikan top-notch experience bagi client dan audience.

Event planner yang sudah professional memastikan segala sesuatunya berjalan sempurna dengan membuat comprehensive checklists, to-do lists, rundown, dan lists lainnya sesuai dengan kebutuhan. Dari napkin design sampai charging ports, you have to give attention even to the smallest details.

Keterampilan ini juga bisa diasah dalam kehidupan sehari-hari, seperti membuat daily plans, grocery checklist, holiday itinerary, atau membuat weekly goals akan meningkatkan skill kamu dalam organising.

Menjadi seorang perfectionist tentunya akan jadi plus point di industri ini. Tapi, selain itu kamu juga harus memiliki passion dan enthusiasm dalam bekerja. A successful event planner infuses qualities like passion and enthusiasm in their everyday work. Motivasi mereka datang dari sense of accomplishment saat telah sukses menjalankan sebuah event sesuai dengan ideas dan requests dari client. Genuine passion, resilience, dan on-the-job experience semuanya penting untuk bisa sukses dalam career yang challenging dan dynamic ini. So, gunakan ketiga skill ini, hone them, dan enjoy career kamu di dunia event planning!

37 views0 comments

Recent Posts

See All